Senin, 23 Februari 2015

Ulangan Yosua sampi hakim2.


Yosua 20:2,3
1.20:2 supaya kandha karo umat Israèl, kaya sing didhawuhaké marang Musa mengkéné, “Kowé padha miliha kutha-kutha pangungsèn.
20:3 Wong sing njalari patiné pepadhané tanpa dijarag, bisaa ngungsi ing kutha kono, supaya uwal saka wong-wong sing arep nindakaké pemales.
Jawab :
Apakah kota-kota perlindungan di Israel zaman dahulu menjadi tempat suaka bagi para penjahat?
▪ Dalam masyarakat kafir zaman dahulu, banyak kuil menjadi tempat suaka bagi buronan atau penjahat. Di negeri-negeri Kristen abad pertengahan, biara dan gereja juga digunakan sebagai tempat suaka. Akan tetapi, peraturan yang berlaku untuk kota-kota perlindungan di Israel zaman dahulu memastikan bahwa kota-kota itu tidak bakal menjadi tempat suaka bagi para penjahat.
Menurut Hukum Musa, kota-kota perlindungan hanya melindungi orang yang tidak sengaja membunuh. (Ulangan 19:4, 5) Ia dapat melarikan diri ke kota perlindungan yang paling dekat agar terhindar dari kerabat pria terdekat si korban, yang boleh jadi akan menuntut balas. Setelah menjelaskan kasusnya kepada tua-tua di kota itu, orang yang melarikan diri ini harus diadili di kota yang mempunyai yurisdiksi atas lokasi kejadian. Di situ, ia berkesempatan untuk membuktikan bahwa dirinya tidak bersalah. Para tua-tua memeriksa hubungan antara orang itu dan si korban, untuk memastikan apakah sudah ada kebencian sebelumnya.—Bilangan 35:20-24; Ulangan 19:6, 7; Yosua 20:4, 5.
Jika terbukti tidak bersalah, orang itu boleh kembali ke kota perlindungan dan harus tetap tinggal di daerah sekitarnya. Kota-kota ini bukan penjara. Ia harus bekerja dan menjadi anggota masyarakat yang berguna. Setelah imam besar meninggal, semua yang melarikan diri ke tempat ini dapat meninggalkan kota perlindungan dengan aman.—Bilangan 35:6, 25-28.

2.Yosua 23:14.
23:14 Saiki wis tekan titi mangsané aku tinggal-donya. Kowé kabèh lan sawiji-wijiné wong ing antaramu, padha weruh dhéwé enggoné Pangéran Allahmu wis maringaké samubarang sing dijanjèkaké marang kowé. Saben prekara sing dijanjèkaké wis dileksanani. Siji waé ora ana sing kliwatan.

Jawab:
Pastilah, dari apa yang telah kita saksikan sendiri, kita dapat mengatakan, ”Tidak satu kata pun dari antara semua perkataan baik yang diucapkan Yehuwa, Allahmu, kepadamu yang tidak ditepati. Semuanya telah menjadi kenyataan bagimu. Tidak satu kata pun yang tidak ditepati.” (Yosua 23:14) Yehuwa membebaskan, melindungi, dan memelihara hamba-hamba-Nya. Dapatkah Saudara menunjukkan salah satu janji-Nya yang tidak Ia penuhi pada waktu yang Ia tentukan? Mustahil. Sebaiknyalah kita percaya kepada Firman Allah yang dapat diandalkan.

Bagaimana dengan masa depan? Yehuwa memberi tahu bahwa kebanyakan dari kita dapat berharap untuk hidup di bumi yang telah diubah menjadi firdaus yang menyenangkan. Sejumlah kecil dari kita memiliki harapan untuk memerintah dengan Kristus di surga. Apa pun harapan kita, kita memiliki alasan kuat untuk tetap setia seperti Yosua.

3.Hak 1:2-4.
1:2 Pangandikané Gusti Allah, “Taler Yéhuda, sing wis Dakparingi pangwasa kanggo ngalahaké tanah kuwi.”
1:3 Taler Yéhuda banjur kandha karo taler Siméon, “Aku réwangana nyerang wong Kenaan lan ngrebut wilayahé sing wis diparingaké déning Pangéran marang aku. Mengko aku bakal gentèn ngréwangi kowé ngrebut wilayah sing wis diparingaké Pangéran marang kowé.” Mulané taler Siméon
1:4 lan taler Yéhuda nuli padha maju perang bebarengan. Merga saka berkahé Pangéran taler-taler mau padha nelukaké wong Kenaan lan wong Fèris. Prejurité mungsuh sing mati ing Bèzèk cacahé sepuluh èwu.

Jawab :
Pertanyaan Alkitab yang Dijawab:
1:2, 4—Mengapa Yehuda ditentukan sebagai suku pertama yang merebut tanah yang dibagikan? Semestinya, hak istimewa ini jatuh ke suku Ruben, putra sulung Yakub. Tetapi, menjelang kematiannya, Yakub menubuatkan bahwa Ruben tidak ditinggikan karena ia kehilangan haknya sebagai putra sulung. Simeon dan Lewi, yang bertindak dengan kejam, harus diserakkan ke seluruh Israel. (Kejadian 49:3-5, 7) Oleh karena itu, suku berikutnya yang menerimanya ialah Yehuda, putra keempat Yakub. Simeon, yang pergi bersama Yehuda, menerima bidang-bidang kecil tanah yang tersebar di seluruh wilayah Yehuda yang luas.—Yosua 19:9.

4.hak. 4:8.
4:8 Wangsulané Barak marang Déborah, “Menawi panjenengan tumut, kula purun mangkat. Nanging menawi mboten, kula inggih mboten badhé késah.”

Jawab.
4:8—Mengapa Barak berkeras meminta nabiah Debora pergi bersamanya ke medan pertempuran? Tampaknya, Barak merasa tidak sanggup pergi sendiri melawan pasukan Sisera. Dengan membawa sang nabiah bersamanya akan meyakinkan dirinya dan prajuritnya bahwa mereka mendapat bimbingan Allah dan akan memberi mereka rasa percaya diri. Jadi, tindakan Barak yang berkeras meminta Debora agar menyertainya bukanlah tanda kelemahan melainkan bukti iman yang kuat.

5.hak.6:23,24
6:23 Nanging Pangéran ngandika, “Sing tentrem atimu! Aja wedi. Kowé ora bakal mati.”
6:24 Gidéon banjur yasa mesbèh lan dijenengaké: “Allah iku Sumbering Katentreman.” Mesbèh mau isih ana ing Ofra, yakuwi désané wong Abièzèr.

Jawab:
Gideon merasa takut dengan tugas yg diberikan kepdanya untuk mengusir orang Midian,tetapi kata2 Yehuwa menetramkan hatinya karena ia Yakin dengan jaminan yg diiberikan  Yehuwa kepadanya dan untuk itu dia mendirikan mesbah di Ofra.

6.hak 8:1-3
8:1 Wong Éfraim padha nggrundeli Gidéon, pangucapé, “Yagéné aku kokora kokajak nalika kowé nglurug merangi wong Midian? Apa sebabé aku padha koksepèlèkaké?” Mengkono panggrundelé wong-wong mau, marang Gidéon.
8:2 Nanging Gidéon mangsuli, “Penggawéku iki ora sepira ajiné yèn ditandhing karo jasamu. Kowé rumangsa yèn sing koktindakaké kuwi mung sethithik, éwasemono sing sethithik mau waé ajiné ngungkuli samubarang kabèh sing ditindakaké déning balaku, saka turuné talermu.
8:3 Rak kowé ta sing diparengaké déning Allah matèni Orèb lan Zeèb, tokoh Midian loro kuwi? Yèn ditandhing karo kuwi, penggawéku iki dudu apa-apa.” Sawisé Gidéon muni mengkono, wong-wong Éfraim padha lega atiné.

Jawab :

Bahkan setelah kemenangan ini, Gideon tetap bersahaja. Sewaktu orang-orang Efraim, yang tampaknya merasa tersinggung karena tidak dipanggil untuk ikut bertempur, memancing perselisihan dengannya, ia menanggapinya dengan lembut. Jawabannya yang lembut meredam amarah dan meredakan emosi mereka.—Hakim 8:1-3; Amsal 15:1.
amsal 15:1.
15:1 Wangsulan sing sarèh gawé lilihing nepsu, nanging tembung nylekit ndadèkaké muntabing ati.


7.hak.11:30,31.
11:30 Yéfta janji ing ngarsané Allah, “Menawi Paduka marengaken kula ngawonaken tiyang Amon,
11:31 lan wangsul kanthi wilujeng, tiyang ingkang medal saking griya methukaken kula, menika badhé kula saosaken dados kurban obongan kagem Paduka.”

Jawab :
11:30, 31—Sewaktu membuat ikrarnya, apakah korban manusia ada dalam benak Yefta? Gagasan itu sama sekali tidak ada dalam benak Yefta, karena Hukum menetapkan, ”Jangan didapati di antaramu seorang pun yang melewatkan anak lelakinya atau anak perempuannya melalui api.” (Ulangan 18:10) Namun, Yefta memang memikirkan seseorang dan bukannya seekor binatang. Binatang yang cocok untuk korban kemungkinan besar tidak disimpan di rumah orang Israel. Dan, persembahan seekor binatang sama sekali bukanlah hal yang luar biasa. Yefta sadar bahwa orang yang keluar dari rumahnya untuk menemuinya kemungkinan besar adalah putrinya. Orang tersebut harus dipersembahkan ”sebagai persembahan bakaran” dalam arti bahwa ia akan dibaktikan untuk melakukan dinas eksklusif kepada Yehuwa di tempat suci.

8.hak.11:35-37.
11:35 Bareng ndeleng anaké mau, Yéfta banget sedhihé, temah nyuwèk-nyuwèk sandhangané, kandhané, “Dhuh anakku enggèr. Kokjebul kowé sing gawé remuking atiku. Aku wis janji ing ngarsané Pangéran, sing ora bisa dakjabel menèh.”
11:36 Bocah wadon mau banjur matur marang Yéfta, “Bapak sampun janji ing ngarsanipun Pangéran, mangka Pangéran sampun maringi kemenangan dhateng bapak, males piawonipun tiyang Amon, mengsahipun bapak.”
11:37 Banjur matur menèh, “Kula namung nyuwun saprekawis: Keparenga kula lan kanca-kanca kula késah dhateng paredèn kalih wulan. Wonten ing ngrika kula badhé nangisi enggèn kula mboten badhé émah-émah.”

Jawab:
Perhatikan contoh lain. Ketika orang Israel harus bertempur melawan orang Ammon, roh Yehuwa ”datang ke atas Yefta”. Karena ingin menang demi kehormatan Yehuwa, Yefta membuat ikrar yang menuntut pengorbanan besar. Ia berikrar bahwa jika Allah menyerahkan orang Ammon ke tangannya, orang pertama yang keluar dari pintu rumahnya ketika ia pulang akan menjadi milik Yehuwa. Setibanya di rumah setelah mengalahkan Ammon, putrinya berlari keluar menemuinya. (Hak. 11:29-31, 34) Apakah hal ini mengagetkan Yefta? Mungkin tidak, sebab ia hanya mempunyai satu anak. Ia memenuhi ikrarnya dengan memberikan putrinya untuk melayani Yehuwa di tabernakel di Syilo. Karena putri Yefta adalah penyembah Yehuwa yang loyal, ia yakin bahwa ikrar bapaknya harus dilaksanakan. (Baca Hakim-Hakim 11:36.) Roh Yehuwa memberi mereka berdua kekuatan yang dibutuhkan.
Apa yang membuat putri Yefta rela berkorban untuk melayani Yehuwa? Semangat dan pengabdian yang saleh dari bapaknya pasti telah memperkuat imannya. Orang tua, teladan Saudara pasti diperhatikan anak Saudara. Keputusan Saudara menunjukkan apa yang Saudara yakini. Anak Saudara mendengarkan doa Saudara yang sungguh-sungguh, memerhatikan apa yang Saudara ajarkan, dan melihat semua upaya Saudara untuk melayani Yehuwa dengan segenap hati. Ini semua kemungkinan besar membantu mereka memiliki keinginan yang kuat untuk melayani Yehuwa. Hal ini tentu akan membuat Saudara bahagia.

9.hak.17:6.
17:6 Nalika semono bangsa Israèl ora dierèh déning raja; angger wong padha urip manut karepé dhéwé.

Jawab:
17:6; 21:25—Jika ”setiap orang biasa melakukan apa yang benar di matanya sendiri”, apakah hal ini mengakibatkan anarki? Tentu saja tidak, karena Yehuwa membuat banyak penyelenggaraan untuk membimbing umat-Nya. Ia memberi mereka Hukum dan keimaman untuk mendidik mereka dalam jalan-Nya. Melalui Urim dan Tumim, imam besar dapat meminta petunjuk Allah tentang persoalan yang penting. (Keluaran 28:30) Tiap-tiap kota memiliki tua-tua yang cakap untuk memberikan nasihat yang benar. Apabila seorang Israel memanfaatkan sendiri persediaan ini, ia mempunyai bimbingan yang sehat bagi hati nuraninya. Tindakannya melakukan ”apa yang benar di matanya sendiri” dengan cara ini menghasilkan kebaikan. Di pihak lain, jika seseorang mengabaikan Hukum dan membuat keputusannya sendiri tentang tingkah laku dan ibadat, akibatnya buruk.

10.hak.20:14-25
20:14 Wong-wong Bènyamin malah padha nglumpuk saka ing kutha-kutha liyané mengang Gibéa, arep nglawan wong-wong Israèl liyané.
20:15-16 Malah ing dina kuwi taler Bènyamin nglumpukaké tentara nemlikur èwu saka kutha-kuthané. Déné Gibéa dhéwé nglumpukaké wong pilihan pitung atus, kabèh wong kédhé, padha titis mbandhil nganggo watu. Yèn mbandhil ora tau mlèsèt.
20:17 Déné ing pihaké wong Israèl liyané wis nglumpuk tentara pilihan, cacahé patang atus èwu.
20:18 Umat Israèl banjur padha ndedonga ing Bètèl, lan matur marang Allah, “Taler pundi ing antawis kawula ingkang kedah miwiti nyerang tiyang Bènyamin?” Gusti Allah paring wangsulan, “Taler Yéhuda!”
20:19 Ésuké wong Israèl padha budhal lan pasang kémah ing sacedhaké Gibéa.
20:20 Tentarané banjur ditata ing ngarepé kutha, banjur nyerang tentarané Bènyamin.
20:21 Tentarané wong Bènyamin banjur metu, gentèn nyerang, lan sedina kuwi matèni wong Israèl rolikur èwu.
20:22-23 Tentara Israèl merga kalah banjur mundur lan ndedonga karo nangis ana ing Bètèl nganti bengi. Aturé, “Dhuh Pangéran, menapa kawula prelu majeng perang malih kaliyan sedhèrèk-sedhèrèk kawula, tiyang Bènyamin menika?” Paring wangsulané Pangéran, “Iya, mangkata.” Tentara Israèl gedhé atiné lan nata pasukané kaya sing uwis,
20:24 banjur mindhoni serangané marang tentarané wong Bènyamin.
20:25 Wong-wong Bènyamin iya banjur metu lan gentèn nyerang, sarta matèni tentara Israèl sing pilihan cacahé wolulas èwu.

Jawab :
 Tetapi dua kali mereka (orang israel )menderita kekalahan besar. (Hak. 20:14-25) Apakah mereka menyimpulkan bahwa doa-doa mereka tidak ada gunanya? Apakah Yehuwa memang ingin agar orang-orang itu menyerang suku Benyamin yang berbuat salah?
Pinehas, yang sekarang imam besar Israel, tetap yakin. Ia kembali bertindak dengan berdoa, ”Haruskah aku maju lagi untuk bertempur melawan putra-putra Benyamin saudaraku atau haruskah aku berhenti?” Sebagai jawaban, Yehuwa menyerahkan orang-orang Benyamin ke tangan mereka, dan Gibeah dibakar habis.—Hak. 20:27-48.
Pelajaran apa yang kita peroleh dari kisah ini? Ada problem-problem di sidang yang tak kunjung teratasi meski para penatua telah berupaya keras dan berdoa meminta bantuan Allah. Jika demikian, para penatua sebaiknya mengingat kata-kata Yesus, ”Teruslah minta [atau berdoa], dan itu akan diberikan kepadamu; teruslah cari, dan kamu akan menemukan; teruslah ketuk, dan itu akan dibukakan bagimu.” (Luk. 11:9) Meskipun doa-doa kelihatannya tidak dijawab, para pengawas bisa yakin bahwa Yehuwa akan menjawab pada waktu yang Ia tetapkan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar